Senin, 13 Januari 2014

Kegiatan Pengajian Rutin Bulan Januari 2014

Keluarga Besar Bani Haji Zakaria mengadakan kegiatan rutin pengajian jumat legi yang diadakan pada hari Minggu, 12 Januari 2014 di rumah Bpk. Mastur. Pengajian rutin yang selalu diadakan setiap jumat legi, atau biasanya diadakan pada hari sabtu/minggu, karena banyak anggota keluarga Bani Haji Zakaria yang berhalangan bila diadakan di hari Jumat.

Kegiatan pengajian rutin tersebut dibuka oleh Sekretaris Keluarga Bani Haji Zakaria, Ahmad Bawefi. Pada malam itu hampir seluruh anggota keluarga besar Bani Haji Zakaria hadir, karena tuan rumah memiliki beberapa acara istimewa, antara lain : Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW., Bersyukur atas 7 bulan kandungan dari menantu (tingkepan) dan rencana umrah ke tanah suci pada 16 Januari 2014.

Ketua Pengurus BHZ, M. Shidiq


Setelah pembacaan surah Yaasin dan Tahlil, Tuan rumah, Bpk. Mastur menyampaikan sambutan tentang rencana umrah ke tanah suci, beliau mohon doa dari seluruh keluarga. Selanjutnya Ketua Pengurus Bani Haji Zakaria, Moch. Shodiq, S.PdI menyampaikan sambutan. Pada kesempatan tersebut, ketua mengingatkan kembali tentang pelaksanaan zakat maal yang telah berjalan dan mohon dukungan dari seluruh anggota keluarga. Sampai dengan bulan Desember 2014, perolehan zakat sebesar Rp690.000,- (enam ratus sembilan puluh ribu rupiah). "agar keluarga Bani Haji Zakaria yang telah memenuhi nisab-nya maupun yang sekedar shodaqoh/infak dapat menyampaikan ke koordinator Seksi Zakat, Sdr. M. Eko Agus Y. (dek Yudi)".

Tuan rumah, Bpk. Mastur


Setelah sambutan ketua pengurus, dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan Ust. KH. Abdullah Mufid.  Ustadz Abdullah menyampaikan tentang makna dari Reuni, re berarti kembali, uni memiliki makna kumpul, jadi kumpul kembali dengan keluarga jauh. Dalam pengertian islam reuni juga berarti Silaturahim yang berarti menyambung hubungan persaudaraan, atau menggalang hubungan kerabat dekat. Sebagai umat islam kita senantiasa melakukan silaturahim sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW : "Barang siapa yang ingin dimudahkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah dia bersilaturahim. 


Ustadz Abdullah juga menyampaikan tentang keutamaan pelaksanaan umrah di tanah suci Makkah. Setiap orang pasti merindukan tanah suci, apalagi Ka’bah di tanah haram Makkah. Di tempat tersebut ada dua aktivitas ibadah yang mulia yaitu umrah dan haji. Untuk umrah sendiri bisa dilakukan setiap saat. Sedangkan haji hanya khusus di bulan haji, bulan Dzulhijjah.

Ibadah mulia ini pun dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat baik tatkala beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup atau pun ketika sudah tiada. Ini pun menunjukkan kemuliaan ibadah tersebut. Semoga Allah mudahkan kita melakukan ibadah yang mulia ini. Wallahu waliyyut taufiq.
Setelah itu kegiatan ditutup dengan doa yang dipandu Ustadz Abdullah Mufid, dan dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh keluarga. Untuk kegiatan pengajian rutin bulan Februari 2014 rencananya dilaksanakan di rumah Sdr. M. Eko Agus Y.

Humas Bani Haji Zakaria
@okeaja39




Tidak ada komentar:

Posting Komentar